Rabu, Februari 04, 2015

Cara Main PS2 Pake Flashdisk Lewat Slot USB

Selain menggunakan kaset dvd ps2, kita juga bisa main ps2 pake flashdisk atau hardisk eksternal lewat slot usb. Salah satu keuntungan main ps2 pake flashdisk adalah karena optik lebih awet dan juga kita tidak harus membeli kaset dvd lagi, cukup mendownloadnya saja dan sudah bisa main ps2 pake flashdisk tanpa menggunakan optik. Caranya sangat gampang sekali dan mudah dipahami, jadi saran saya sebaiknya baca tutorial cara main ps2 pake flashdisk lewat slot usb dibawah ini dengan teliti biar prosenya berjalan lancar.
 

Cara Main PS2 Pake Flashdisk

Sebelum masuk ke tutorial, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahannya berikut ini:

1. Konsole PS2 (Pastikan optik PS2 kamu masih bisa membaca kaset sedikitpun, karena kalau tanpa optik yang bagus pasti akan agak sulit untuk bisa masuk ke menu Ulaunch nanti)

2. Flashdisk minimal 2 GB (Kalau hanya sekedar untuk mencoba, kalian bisa menggunakan game PS2 ISO berukuran kecil dibawah 1GB, namun kalau untuk digunakan sehari-hari sebaiknya siapkan flashdisk 8GB atau lebih karena rata-rata game PS2 ukurannya gede)

3. Memory Card PS2 (Untuk ukurannya bebas mau yang berapapun, tetapi wajib menggunakan memori card karena kalau tanpa memory card maka tidak akan berhasil)

4. ELF PSU.rar (MediaFire) (GoogleDrive)

5. Ulaunch.iso (MediaFire) (GoogleDrive  

1. Pertama-tama Burn Ulaunch.iso ke CD yang biasa aja (saya sarankan gunakan CD bukan DVD, karena beberapa proses saya sempat gagal saat memakai DVD). Untuk aplikasinya kamu bisa pakai Nero atau aplikasi burning lainnya. Selanjutnya extract ELF_PSU.rar ke Flashdisk kamu, sebelumnya pastikan flashdisk harus format FAT32 karena kalau formatnya masih NFTS nanti tidak akan terbaca. Cara formatnya mudah saja, tinggal colok flashdisk kamu ke laptop lalu klik kanan pada drive flashdisk kamu lalu pilih format FAT32 dan Start, DONE.

2. Jika sudah burn CD Ulaunch tadi, silahkan jalankan kasetnya di PS2 kamu. Gunanya CD Ulaunch ini agar kamu bisa masuk ke Ulaunchelf Explorer untuk memasang MCBOOT. Jika optik PS2 kamu bermasalah, mungkin agak susah untuk bisa masuk kesini, tetapi jangan menyerah dan coba terus sampai berhasil yaa. Ini gambar nya kalau sudah bisa :


3. Jika sudah berhasil masuk kesini, colok memory card kamu ke port 0, maksudnya port dibagian atas slot stick player 1 itu. Jangan lupa juga buat colikin flashdisk ke port USB yang ada di PS2 tersebut.

4. Tekan O (bulat) untuk masuk ke FileBrowser. Pilih mass:/ copy paste file BOOT.psu ke mc0:/. Caranya tekan R1 pada file BOOT.psu lalu pilih copy dan tekan segitiga untuk kembali ke menu awal, kemudian masuk ke mc0:/ tekan R1 dan kemudian pilih PsuPASTE,lalu tunggu sampai selesai. Selanjutnya masuk mass:/ dan copy semua file OPNPS2LD.elf dan FREE_MCBOOT.elf ke mc0:/BOOT lalu paste seperti cara sebelumnya.

5. Sekarang masuk ke folder mass:/ FREE_MCBOOT.elf lalu tekan O (bulat) pada file FREE MCBOOT.elf. Nanti kamu akan di bawa ke Freemcboot Instaler, disini silahkan kamu pilih Normal Instal atau Multiversion Instal sesuai dengan kebutuhan kamu. Normal instal berarti MCBOOT nya hanya bisa digunakan di PS2 kamu, sedangkan Multiversion instal berarti bisa digunakan untuk PS2 lain dengan seri yang sama.


6. Jika sudah selesai instal FreeMCBoot silahkan matikan PS2 kamu lalu copot kaset CD nya dan hidupkan kembali ps2 kamu, untuk memory card dan flashdisk tetap tercolok ya. Jika instalasi McBoot kamu berhasil, nanti akan muncul seperti dibawah ini :



7. Pilih FreeMcBoot Configuration kemudian pilih Configure OSDSYS Options, nanti tampilan nya seperti ini :


8. Lalu kamu akan masuk lagi ke menu berikutnya yaitu menu OSD SETTINGS, tampilan nya akan seperti ini :


9. Sampai disini jangan di klik gan pada menu ini tekan anak panah kiri/kanan pada stik anda, cari folder yang kosong, FREE MCBOOT menyediakan 100 folder untuk memudahkan anda dalam menggatur software pelengkapan hardisk, misalnya seperti ULAUNCH, OPEN PSLOADER, SMS, MC FOORMAT dan masih ada banyak lagi. Nah setelah anda menentukan foldernya tekan X pada stick anda, pilih name dan buatlah nama sesuka anda, disini saya menamakanya folder OPL.


10. Pilih PATH1: dan cari file OPEN PS2LOADER.elf di memory card kamu (jika sebelumnya kamu menyimpan di hardisk/flashdisk alangkah baiknya dipindahkan ke memory card terlebih dahulu, supaya kalau hardisk kita ganti penggaturanya tidak berubah. Nah setelah anda menemukan file yang saya maksud tekan X dan pilih RETURN dan akan seperti tampilan di bawah ini :


11. Selanjutnya akan ada 3 pilihan untuk menyimpan file, selengkapnya simak penjelasan berikut ini:
 
    (1). SAVE CNF TO MC0, yang artinya akan disimpan pada memory card slot 1.


    (2). SAVE CNF TO MC1, yang artinya akan disimpan pada memory card slot 2.


    (3). SAVE CNF TO MASS, yang artinya akan disimpan pada hardisk/flashdisk anda. 


Saya memilih save CNF to MC0 karena memory card saya berada di slot 1. Jika sudah menentukan lokasi penyimpanan, reset PS2 anda dan hasilnya akan seperti dibawah ini :

 
12. Setelah di reset PS2 nya maka akan tampak OPL dimenu free mc boot yang kita buat tadi. Selanjutnya masuk ke OPL dan pilih Settings lalu pengaturannya seperti dibawah ini.

USB device start mode off ubah menjadi auto, HDD device start mode off ubah menjadi auto Kemudian pilih Selesai/Ok dan pilih Save changes. Jika dalam flashdisk/hardisk kamu sudah memiliki file game PS2, maka list game akan muncul dan sudah bisa kamu mainkan. Namun jika kamu belum memiliki game PS2 didalamnya, silahkan kamu buat dengan cara yang sudah saya sediakan diakhir artikel ini.

Cara ini juga bisa menggunakan Hardisk, saya sendiri juga sudah pernah mencobanya menggunakan PS2 dan hardisk teman saya, hasilnya sama seperti yang ini, hanya saja beda di media penyimpanannya.

Untuk game berformat iso nya bisa didownload DISINI

Kalau mau membuat game iso dari DVD PS2 bisa dibaca DISINI atau DISINI

Beberapa hal yang mungkin ingin anda tanyakan. Melihat banyak sekali pengunjung yang rata2 hampir mengulangi pertanyaan yang sama, maka dengan ini saya membuat beberapa pertanyaan sekaligus dengan jawabannya yang mungkin bisa membantu anda:

1. Apakah PS2 yang sudah kita setting pake flashdisk (sesuai tutorial ini) bisa dimainkan kembali menggunakan kaset seperti semula ?
 
      >> Bisa ! Saya sendiri sudah mencobanya, yaitu tinggal cabut Flashdisk/HDD dari PS2 nya lalu masukan saja kaset DVD PS2 yang mau anda mainkan. Nanti akan muncul tulisan FreeMCBoot (jika Memory Card sobat sudah terinstall FreeMCBoot) tetapi biarkan saja,,nanti dia akan otomatis membaca DVD gamenya.

2. Kenapa tidak muncul tulusan FreeMCBoot saat booting PS2 nya ? Padahal sudah terinstall dengan benar FreeMCBoot nya.

      >> Kemungkinan besar seri PS2 anda tidak support. Dalam hal ini hanya 1 seri PS2 yang tidak support dengan FreeMCBoot karena pihak Sonny telah merubah Modchip dll dibagian dalam seri PS2 ini (menurut yang saya baca di internet). Seri tersebut adalah seri ke-SCPH 90006. Jadi kalo mau main pakai flashdisk di PS2 seri ini maka harus di ganti Modbo/Modchip nya jadi Matrix. 

3. Burn file Ulaunch.ISO nya pake CD atau DVD ?

     >> Dalam tutorial ini saya burn menggunakan CD, saya juga pernah buatkan untuk PS2 teman saya dan saya menggunakan CD juga. Saran saya sebaiknya jangan menggunakan DVD, kenapa ? karena saya pernah coba pake DVD dan DVD nya malah gak kedeteksi di PS2, awalnya saya pikir salah dalam proses burning, pas saya coba burning ulang sampe 2X tetapi hasilnya tetap sama saja.

4. Jika PS2 sudah disetting pake Flashdisk/HDD dan sekarang ini Flashdisk/HDD itu hilang atau rusak, apakah harus disetting ulang semuanya jika ingin mengganti dengan Flashdisk/HDD yang baru ?

 
     >> Gak usah lah gan ! Kalo gitu mah tinggal copy saja file game nya ke Flashdisk/HDD baru itu tapi sebelumnya pastikan format nya harus FAT-32. Setelah copy tinggal colok ke PS2 nya dan mainkan tanpa harus disetting ulang PS2 nya.

5. Jika kebetulan PS2 anda mengalami optik rusak, apakah masih bisa digunakan untuk install FreeMCBoot nya tanpa optik?

 
     >> Kalau rusak nya gak terlalu parah atau masih bisa baca kaset sedikit2 ya masih bisa buat install. Tapi kalo sudah rusak 100% parah ya terpaksa harus beli MCBoot nya (banyak kok yang jual di rental2 PS2) atau kalau tidak mau keluarkan uang, kamu bisa pinjam PS2 teman atau kenalan yang mempunyai seri yang sama dengan punya kamu lalu buat install FreeMCBoot Multi Version, sehingga memory card itu tidak hanya bisa di 1 konsol PS2 saja melainkan semua konsol dengan seri yang sama. Kalau sudah, kamu bisa bermain ps2 pake flashdisk tanpa optik. 


6. Apa bisa menyimpan file lain (seperti video, music, document dll) di dalam Flashdisk yang berisi game ISO?


      >> Kalau menurut saya sih seperti nya bisa, soalnya file-file tersebut kan pasti tidak bisa terbaca oleh PS2 agan jadi pasti AMAN kok. Asalkan agan membuat foldernya sendiri dan jangan gabung sama file-file untuk PS2 nya.

7. Apakah bisa bermain PS2 pake flashdisk tanpa Memory Card?
  
      >> Peran memory card disini cukup penting yaitu sebagai jalan agar kamu bisa masuk ke menu FreeMCBOOT dan dari situ bisa membantu kamu menginstal OPL. Tanpa memory card sepertinya tidak akan berhasil karena file-file penting akan disimpan di memory card sehingga bisa diakses dengan mudah. Oleh karena itu cara main ps2 pake flashdisk tanpa memory card sepertinya tidak bisa.

Sekian tutorial dari saya tentang Cara Memasang Flashdisk / Hardisk di PS2 Slim. Mohon maaf jika ada beberapa pertanyaan yang tidak saya sertakan dan karena saya bukan ahli PS2 ini jadi saya juga mohon maaf jika yang saya jawab diatas belum 100% benar ataukah masih salah, mohon dipahami. Saya Angelo Brand, sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.

173 komentar

  1. mantab gan, ane gak punya ps 2, tapi punya harddisk sama fd, siapa tahu keponakan ane beli ps2 terus ane betulin ane kasih tarif, untung deh ^_^


    http://free-games14.blogspot.com/2015/02/download-making-history-great-war-codex.html

    BalasHapus
  2. gan, ketika kaset (CD) nya dikeluarkan memoricard tetap di colokkan, bagaimana dengan flasdisknya?kemudian memoricard masi bisa untuk menyimpan game

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika Cd dikluarkan,mmc dan flashdisk ttep trpasang,,nanti klo udah restart ps2nya akan ada tmpilan booting free mc boot,klo blum ada brarti mmory card kamu blum terinstal free mcboot,,klo soal mmory card nya masih bisa untuk simpan data game kamu..karena penginstalan free mcboot hanya memakan 1 MB saja,,,maaf telat balasnya . .

      Hapus
  3. Gan kalo mau maenin game nya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya maenin game gimana gan,,,coba jelaskan dengan baik gan,,

      Hapus
  4. Siang Mas Angelo blh tanya??? jika PS2nya sudah di Setting menggunakan HDD/Falshdisk. apakah masi bisa menggunakan CD lagi seperti Semula???? tolng...penjelasannya makasi sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas,,,yaa bisa sob,,kalau pakai ps2 hdd yang slim masih bisa kembalikan pakai kaset,,tapi kalau ps2 hdd yang fat udah ngga bisa lagi,,! punya kamu yang slim atau fat,,?

      Hapus
    2. Ngelanjutin pertanyaan gan. Kalo fat terus balikin lagi seperti semula gimna(biar bisa pake kaset lagi?

      Hapus
    3. tinggal cabut flashdisk dan pasang kaset seperti biasa , , , kalo mc boot nya terserah,mau dicabut jga ngga apa2 , ,

      Hapus
  5. klo beli hdd baru perlu diginiin dlu ya?

    BalasHapus
  6. permisi kak mau tanya klo beli hdd baru perlu diginiin dlu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tdak usa lagi gan,,tinggal copy gamenya aja , , ,

      Hapus
  7. Gan .. Walaupun udh di Setting pake Flashdisk atau Harddisk ... apa masih bisa main pake kaset lagi kaya semula lagi ... PS2 gw yang Slim gan ... Bisa gk gan ... gmana caranya gan,klo bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggal cabut aja mcboot nya dan main pake kaset , , , ,

      Hapus
  8. gan .ELF PSU dimasukkan ke flasdisk kan

    BalasHapus
  9. makasih membantu sekali gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama gan , , makasih sudah brkunjung , ,

      Hapus
  10. Maksudku yg skim atau fat ya gan gan

    BalasHapus
  11. Kalo copy opl ke memory lain bisa ga ga??tks

    BalasHapus
  12. Ngelanjutin pertanyaan gan. Kalo fat terus balikin lagi seperti semula gimna(biar bisa pake kaset lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal cabut flashdisk dan pasang kaset seperti biasa , , , kalo mc boot nya terserah,mau dicabut jga ngga apa2 , ,

      Hapus
  13. Ngelanjutin pertanyaan gan. Kalo fat terus balikin lagi seperti semula gimna(biar bisa pake kaset lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal cabut fdd dan mc bootnya dan pasang kasetnya , , tapi kalo mmc boot nya buat save game dipasang jga tdak apa2 , , ,

      Hapus
  14. gan ane pnya ps2 fat,, optik rusak,, mau di bikin flashdisk ,, apa prlu ikut tutor diatas,, apa copy file yng ada d hardisk tman sya,,, via email aja gan japlukhendrik11@gmail.com
    maaf ganggu makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dah kasus kita wkwk
      Kalo mau dibikin flashdisk gmana ya,kan gak bisa detct kaset -_- smentara awal tutor nya harus lewat ps -_-

      Hapus
    2. yaa,,tetapi pakai ps2 yang optiknya masih baik,,,bisa pinjam punya teman yang seri ps2 nya sama

      Hapus
  15. ntar direset lagi? terus udah ane masukin iso ke flash disk kebaca gak iso nya min?

    BalasHapus
  16. gan burn nya pake cd ato dvd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya pakai cd saja gan,,soalnya punya teman ane yang pake dvd ngga bisa,,,

      Hapus
  17. format gamenya itu iso apa udah di burn di flashdisk nya

    BalasHapus
  18. Gan burn nya pake CD/DVD RW atau R

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake cd rw/cd r sama aja..yang penting jangan pake dvd,,soalnya ngga akan kebaca ama ps2,,,

      Hapus
  19. gan
    ini intinya bootnya ada d MMC ya
    jadi kalok flashdisk d ganti
    d masukkan game nya ke flashdisk
    masiih bsa langsung main atau ngulang proses dari awal lag?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia gan,,langsung bisa main,,kalau mmc nya yang diganti baru ngulang caranya,,,

      Hapus
  20. Para gamer sejati ada yang sudah berhasil.
    Tolong kasih komen soalnya saya mau coba

    BalasHapus
  21. Para gamer sejati ada yang sudah berhasil.
    Tolong kasih komen soalnya saya mau coba

    BalasHapus
  22. Maaf gan mo nnya... klo ps2 slim optiknya udah dgnti hardisk trus hrdisk nya dtanem ddlm.. apa bisa klo pke flasdisk...???
    Mslahnya hardisk ane udah rusak gak kbaca...tlong pnjlasanya ... mturnuwun gaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut ane sih bisa kalau optiknya masih bisa membaca kast dengan baik,,,

      Hapus
  23. Gan,klo pke flashdisk gto...bsa update pemain gk gan???

    BalasHapus
  24. Gan,klo pke flashdisk gto...bsa update pemain gk gan???

    BalasHapus
  25. Oea gan .. kan unlauce.isonya di dalam rar .. itu di burn nya di ekstarc dulu apa enggak ?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di extract dulu boss,,lalu burn file iso nya,,,

      Hapus
  26. gan, ps ane slim versi 9 apa bisa pake flashdisik gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung ciri nya gan,,baca aja di artikel terkait diatas,,

      Hapus
  27. gan gimana kalau optiknya sudah tidak bisa baca cd lagii?

    BalasHapus
    Balasan
    1. install MCBOOT nya pake ps2 teman yang serinya sama,,,,baru colok di ps2 kamu,,pasti bisa

      Hapus
  28. Klo mw jdi in kyk yg di atas.
    Klo optiknya gk kbca gk bsa ya gan ??
    Brti hrus bnerin optiknya dlu dong gan ??jwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga usah benerin jga ngga apa2,,,install MCBOOT nya pake ps2 teman yang serinya sama,,,,baru colok di ps2 kamu,,pasti bisa

      Hapus
  29. Gan ane tadi cuma bisa sampe no 5 mau ke menu seperti gambar no 6 itu gak mau masuk kesana gimana caranya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ps2 kamu seri90006 ,,,soalnya seri 90006 ngga bisa baca FreeMCBootnya,,,

      Hapus
    2. Trus ada cara ga buat versi 90006 biar bsa maen pake hdd gan?

      Hapus
  30. dah sampe no 12 biar game isonya ke detect di flash disk gmn caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan kamu udah setting sesuai yang diatas,,,dan pastikan game nya itu sudah ada dalam folder DVD/CD sesuai ukuran game tersebut,,,kalau belum otomatis game nya ngga kedetect,,,,

      Hapus
  31. gan kalau ulaunchernya ngk di burn gmna tu ? soalnya saya punya ps2 hardisk yang tebal gan

    BalasHapus
  32. kalau flashdisknya buat nyimpan file file gimana gan , contoh nya nyimpan data file MS WORD ? apakah gk membuat macet PS

    BalasHapus
  33. mlm mas,,.sy ud ikutin langkah2 ny sampai langka ke 12 dengn lancar dan sudh sy download game ps2 ISO ny,.
    tp game ny gk muncul stelah sy restart ps ny,.
    PS2 sy yg fat mas..
    bs tolng dbntu lg mas,.
    trimaksih sebelum ny,.

    BalasHapus
  34. mlm mas,,.sy ud ikutin langkah2 ny sampai langka ke 12 dengn lancar dan sudh sy download game ps2 ISO ny,.
    tp game ny gk muncul stelah sy restart ps ny,.
    PS2 sy yg fat mas..
    bs tolng dbntu lg mas,.
    trimaksih sebelum ny,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. flashdisknya harus format fat32,,dan gamenya harus disimpan dlam folder CD/DVD sesuai ukurannya,,,,

      Hapus
  35. Mau nanya, saya flasdis nya udah tk isi game, tapi tk pasang di ps kq ngak bisa ya, game nya ngak muncul, kalau pake yg flasdis bawaan bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. flashdisknya harus format fat32,,dan gamenya harus disimpan dlam folder CD/DVD sesuai ukurannya,,,,

      Hapus
    2. maksud flashdisk format fat 32 itu gimana ya?? trus kalo saya pake flasdisk merek sandisk ultra dual USB DRIVE 3.0 bisa gak?

      Hapus
  36. Mas Angelo, kemaren saya nambahin game WE10 ter-update, tapi setelah di buka gambarnya udah sama cuma pemainnya kok nggak ikut berubah... apa solusinya Mas?

    BalasHapus
  37. Gan, Ps ane udah di modif jadi Matrix semua mesin di dalam ps nya di bongkar semuanya,, dan ane udah bosen gamenya, sekarang mau import 32 game baru, kalo ane bawa ke mekaniknya mahal gan, 10.000/game,, ada ga gan cara supaya game nya bisa ane import sendiri, dan pake laptop bisa kan?

    Please gan, fast respon

    BalasHapus
  38. Gan, Ps 2 ane udah di modif jadi Matrix semua mesin di dalam ps nya di bongkar semuanya,, dan ane udah bosen gamenya, sekarang mau import 32 game baru, kalo ane bawa ke mekaniknya mahal gan, 10.000/game,, ada ga gan cara supaya game nya bisa ane import sendiri, dan pake laptop bisa kan?

    Please gan, fast respon

    BalasHapus
    Balasan
    1. (saya mewakili Admin blog ini) maaf baru bibalas..bisa gan,,pake aplikasi USB Util..tetapi ttap aja file gamenya harus didownload atau beli DVD game nya di toko terdekat,,,

      Hapus
  39. Balasan
    1. bisa gan,,,asalkan optiknya masih bisa,,kalau optik dah rusak,harus pake mcard buat booting mcbootnya,,,

      Hapus
  40. sya mau nanyak gan . ps sya sering macet klo udah mau macet itu pasti bunyi dan hbis itu lampu stick mati dan gk bisa , tpi kaset tetep muter.
    ini di sebabkan oleh apa ya dri optik apa dari mesin.
    mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu,saya kurang tau gan,,kayaknya sih optiknya yang bermasalah,,coba aja ke tukang service,,,

      Hapus
    2. kalau itu,saya kurang tau gan,,kayaknya sih optiknya yang bermasalah,,coba aja ke tukang service,,,

      Hapus
  41. gan cdnya yg udah isi APA yg kosong,,Dan tujuannya burn APA gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cd nya harus yg masih kosong,,,tujuannya agar bisa masuk menu ulaunch dan bisa menginstal free mcboot,,kalau tanpa cdnya gak akan bisa,,,

      Hapus
  42. Gan kalau cara mainin gamenya setelah di copy gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. clok aja flashdisknya dan setting opl sesuai yg sdah saya jlaskan diatas agar gamenya bisa terbaca,,,

      Hapus
  43. Boz.
    Apkh flasdisk dpat di ganti kset jika flasdisk tdak d copot ap biza...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau main pake kaset lgi tnggal lpas aja flashdisknya,,kalau ngga lepas jga ngga papa kok,asalkan pada saat mau boot mmc jngan dlu dipsang krena nanti akan mmbaca game di flashdisk,,tnggu saat game dimulai baru colok mmcnya,,,

      Hapus
  44. Om.. ane beli mmc second sama kawan tapi udah ada OPL nya... ITU gimnh apa bisa langsung di mainin game Dari flash disk..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu bisa gan,,asalkan seri ps2 kamu dan teman kamu sama...
      tapi kalau gak sama,maka kmu hrus instal ulang OPL dan MCBOOTnya...

      Hapus
  45. gan ., saat akan melakukan installasi pada ps2 nya ... kondisi mmc apakah harus kosong ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ksong jga gak papa...karena ukuran MCBOOT nya hanya 2MB jadi masih bisa nampung save game lainnya,,,tetapi kalau error,maka harus diformat dulu karena tidak bsa mnampung,,,

      Hapus
  46. Bisa buat Ps2 seri 75006 ga ?? saya mau coba . pas saya liat seri nya 75006 .

    BalasHapus
  47. Saya mengalami kendala nih
    Saya sudah berhasil semua tutornya
    Saya instal di tipe ps2 7000 (minjem)
    Kan tipe ps 2 saya yang 7700
    Tapi dia nggak mau ngeboot
    Apa harus dk tipe 7000 yah biar bisa ngeboot?

    BalasHapus
  48. Makasih gan info nya? Klo ngikutin step nya baru setengah trus gagal misalkan, ttus gg jdi di instal ngboot nya, gg bkalan ngaruh ke ps nya gan?

    BalasHapus
  49. Boz
    Bagaimana cara mengisi game di flasdish..

    BalasHapus
  50. Boz
    Bagaimana cara mengisi game di flasdish..

    BalasHapus
  51. Gan misal kalo semua proses dah kelar terus flashdisk nya kalo mau main game nggak boleh di cabut ?

    BalasHapus
  52. gan
    bisa nggak kalaw tdk pake memory card.,,,??

    BalasHapus
  53. Yg mau main ps2 tp optik rusak..
    Atau bingung mau bikin mcboot..
    Kami mnyediakan jasa mcboot + flasdist full game..
    Isi game seswai request..
    Info lengkap http://www.mustakimps2.blogspot.com
    Trimakasih.

    BalasHapus
  54. Bos mau tanya kalau ps2 yang tebal gmna cranya main dgan flasdisk

    BalasHapus
  55. Gan mau tnya senandainya ps yg tebal mainkan dgn fleshdisk langsung bisa dimainkan atau ad penambhan lain

    BalasHapus
  56. Thank you min,atas informasi admin yg sangat berguna.Saya mau ajukan satu pertanyaan,kli di dalam flashdisk yg saya pake ada file lain boleh/tidak?Trims

    BalasHapus
  57. Salam gan, ps saya sudah terintal mc boot kebetulan hardisknya tdk kedetect alias rusak, kalau ganti hardisk baru, apa yg saya harus lakukan, apakah harus instal game versi iso, terimakasih gan

    BalasHapus
  58. nggak mau masuk ulaunchelf explorer

    BalasHapus
  59. Permisi mas .. kalau ps2 fat yang sudah pakai harddisk bisa kah menggunakan kaset lagi ? Tapi masalahnya kenapa ane klik yang untuk ngeluarin CD ga keluar2 ya ? Bisa bantu mas ? Terima kasih

    BalasHapus
  60. Misi gan..lw burning g pake kaset bisa ga..mksud'y optic ps ane ud jebol g bsa nhebaca kaset cd lg.....tks

    BalasHapus
  61. ** mas.. saya sdh bakar ulaunch nya tapi setelah saya baca komen dari blok ini ternyata harus di extraxt dahulu..setelah saya extract saya bakar lagi di cd yang sama..kira2 bisa kebaca gak burn yang terakhir saya lakukan..
    ** trus file system nya untuk didwonload kenapa tidak bisa/tidak muncul. apakah tanpa download file system tetap bisa dilakukan. tks

    BalasHapus
  62. Gan di tahap ke 7 ane ga ada freemcboot configuration nya... kenapa ya?

    BalasHapus
  63. Gan di tahap ke 7 ane ga ada freemcboot configuration nya... kenapa ya?

    BalasHapus
  64. gan mau nanya, katanya kalu mau main pake kaset lagi mcboot nya mesti dicabut mcboot itu yg mana

    BalasHapus
  65. Gan ps adik sya udah hardisk,tpi sekarang rusak kalo di hidupin ada suara di psnya dan game nya ilang semua..itu gimana ya ngatasinya,trus kalo mau ganti pake flasdisk gimna ya cranya..??

    BalasHapus
  66. gan sya mentok nomer 2, ga mucul mucul gambar kaya gitu, malah muncul tulisan " please insert playstation "
    udah saya mengulangi berkali kali tetep aja ga bisa...
    mohon solusinya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane bantu jawab, agan pake cd/dvd, klo pake dvd emang kayak gitu gan.

      Hapus
  67. bisa minta no telp gak, biar fast respon klo ada pertanyaan n masalah, hehehe...

    BalasHapus
  68. kalo ule nya pake ps2 yang lain bisa gak
    coz temen saya di ps2 hdd nya udah terinstal ule cd?

    BalasHapus
  69. Gan PS2 ane kan udah terinstall OPL dan MCbootnya, trus harddisk externalnya rusak, rencananya mau beli yang baru, kalau pakai harddisk yang baru itu harus diprogram ulang kah harddisknya?

    BalasHapus
  70. Gan PS2 ane kan udah terinstall OPL dan MCbootnya, trus harddisk externalnya rusak, rencananya mau beli yang baru, kalau pakai harddisk yang baru itu harus diprogram ulang kah harddisknya?

    BalasHapus
  71. gan, boleh minta link youtube nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. youtube nya belom ada gan,,masih rencana,,soalnya saya belom ada kamera buat ngerekam nya,,,kalau sudah ada pasti akan saya buat dan upload,,, :D

      Hapus
    2. ndak perlu kamera bagus" gan. kamera hp juga gak masalah. asal jangan terlalu bnyak gerak(misal pakai tripot/tongsis)
      tpi saaat proses extrak" di pc/ laptop. pkai aplikasi Bandicam buat ngerekam layar.

      nnti kalo viewerdan subscribe agan udah bnyak, nnti dapat dolar. baru deh beli kamera mahal.. hehe

      Hapus
    3. wkwkwk sip dah gan,,nanti ane coba buat dah, kalo bagus nanti ane langsung upload aja biar pada jelas dan paham untuk Tutor nya

      Hapus
  72. saya mau nanya kalo seri yang depan nya 9 bisa gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu pasti gan,,,coba lihat seri yang lengkapnya,,,soalnya yang saya tahu dan pernah coba itu di seri 90006 dan itu tidak support FreeMCBoot,,,,

      Hapus
  73. gan kalau portable hard disk bisa pake..500GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu sih terserah dari agan mau pake yg ukurang berapa aja juga gak masalah kok,,,

      Hapus
  74. ada nomer tlp gan atau pin bb agak susah je��

    BalasHapus
  75. gan saya mau tanya semoga sempat di jawab.
    saya pakai ps2 opl v0.9.4 awal nya saya main pakai fd 8 dan 16 gb, dan sekarang saya mau pakai fd yg 32 gb, tpie game yg di fd 32 gb tidak jlan padah instal nya sama sperti di fd 8 dan 16 gb. format sudah fat32, dan sudah saya defrag bbrapa kali tpie hasil nya nihil, sementar fd 8 dan 16 gb masih lancar aja.. salah nya d.mna ya gan..?
    atau opl memang tidak bisa pakai fd yg 32gb.?
    terimakasih.!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sya jadi bingung jga nih :d wkwk,, sbenarnya kapasitas flashdisk gak ngaruh juga ya soalnya hdd yang 500GB aja aman2 pas saya pake kok,,menurut saya mungkin ada masalah dengan flashdisknya (bisa berupa virus/sebagainya) soalnya masa yg flash lain bisa kok yang 32gb gak bisa ? trus maksud agan game nya gak mau jalan itu kayak gimana ya ? dan apakah list gamenya sudah muncul saat masuk ke OPL nya ?

      Hapus
    2. list game nya ada gan..
      cuma pas kita klik game nya gk muncul gambar layar tv pun langsunk blank.
      pdhl fd nya baru beli gan..
      terimakasih atasa jawaban nya gan...!!

      Hapus
    3. ohh, itu blank nya warna Putih Polos yah ?? kalau iya berarti ada masalah di file gamenya gan,,soalnya kalo pas milih game trus selang 5 detik langsung blank putih berarti masalah nya ada di file game, entah corrupt, virus atau hal lain,,jadi mungkin harus diinstal ulang game nya dan jika sama saja berarti flashdisknya yang bermasalah :D

      Hapus
  76. Gan ane download game ps2 ane masukin gemenya ke fdd,cm ga kebaca ya gan?di psnya,padahal format gamenya udh iso

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan agan udah masukin ke folder CD atau DVD, soalnya kalau langsung masukin di Flashdisk nya doang maka gak akan terbaca game nya :D

      Hapus
  77. Gan,kan gue pinjam hardisk sama memory card untk gamenya,tapi kenapa ngga bila gan,saat di reset lalu hold L1 nggak timbul gamenya.padahal udah lengkap hd sama memocard .

    BalasHapus
  78. gan kok ulaunch yg di download gak berformat iso
    apakah hrus diubah atau lansung aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masih format RAR agan bisa extract menggunakan WInRar,,tetapi kalau sudah iso dan tetapi masih berlogo WinRar maka agan silahkan pakai Klik Kanan>Open With>lalu pilih Ultra ISO, POWER ISO atau sejenisnya :D

      Hapus
  79. Gan ane minta bantuannya nii, ps2 ane optiknya rusak trus udah ditukar sama matrix, jadi awalnya eamang pake flash disk, tapi beberapa keperluan. Flashdisknya ane format dan game hilang. Itu cara buat biar flashdisknya bisa lagi gimana yaa ???
    Ane udah coba format ke FT-32. Trus isi game pake usbutil, dan udah ane coppy OPL ke flashdisk. Tapi pas dicoba, ada gambar tanda seru (!!!!) Merah 4. Jadi ane bingung mau ngapain. Bisa bantuin gan

    BalasHapus
  80. gan cara masukin game iso ke plasdisk nya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perasaan udah ane kasih link nya diatas gan :v pakai software USBUtil atau UltraISO,,link post nya udah ada dalam akhir artikel diatas,,

      Hapus
  81. Mas saya orang nya kurang bisa kalo liat dari tulisan, gak ngerti2 hhe, boleh minta bantu gak, saya mau diajarin step by step, biar saya bisa praktek kan langsung, lewat emai aja mas,

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas,,kalau ada waktu luang akan saya bantuin,, silahkan mas email kesini saja : angeloianson98@gmail.com

      Hapus
  82. gan maaf sebelumnya, kalo boleh tau format apa game ps2 itu
    apa ada link internet buat download nya biar lebih hemat dana hehe
    thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk format ps2 nya adalah ISO,,kalau mau download file game ps2 iso, agan bisa download di coolrom.com atau emuparadise.com

      Hapus
  83. Gan kok aku ganti flashdisk baru gak kebaca ya gan malah bentuknya tanda seru semua(!!!)??

    BalasHapus
  84. Gan memory card ane kan rusak....
    Kalau CD (yg CD-R plus) dan Flashdisk 16GB punya...
    Ada gk cara untuk main pakai flashdisk tanpa Memory Card...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih gan,,,tapi kecuali optiknya masih baik :(

      Hapus
  85. gan mau tanya ane udah semua sesuai step tapi pas ane pilih gamenya dan klik ok stack gan blank item doang muter muter doang itu kenapa yah gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di list game nya ada ? tapi pas mau main malah blank ? itu bisa jadi karena file game yang corrupt atau malah ada file system yang kurang lengkap :D

      Hapus
  86. Gan mau tanya... Ini punya saya kan list gamenua banyak... Pernah dimainin semua dan bisa semua... Kok tiba tiba ga bisa ya gan... Error loading tulisannya... tapi ada sebagian yang masih bisa... Itu masalahnya di mana ya?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mendadak error begitu, kemungkinan besar sih ada file system nya yang terhapus atau kemakan virus,,,tetapi agan bilang tadi kalau masih ada beberapa game yg work, berarti bisa saja masalahnya dari file-file game yg error itu :D semoga membantu

      Hapus
  87. gan.. saya selalu error saat menginstal free mcboot gimana nih solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. error itu maksudnya gimana ya gan ? bisa kasih jelaskan kira2 errornya seperti gimana ?

      Hapus
  88. Gan MC ane kan udah ada FMCBnya nah, flashdisknya hilang, terus saya pasang game di flashdisk pake usbutil saya pasang di ps tapi ko gamenya ga kebaca ya gan, malah ke tampilan meni FMCB

    BalasHapus
  89. Gan pas ane install mcboot kok keluar pesan No BOOT.ELF detected in your INSTALL folder solusinya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane dlu juga pernah ngalamin gtuh gan :D solusinya cuman 1 yaitu coba ganti MMC nya :D soalnya dlu ane ganti ke MC yg baru dan akhirnya bisa :D

      Hapus
  90. Gan..mau nanya ni kalau misal ps2 slim nya gagal MCBOOT,ps2 slim nya bisa rusak ga?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal MCBOOT gimana maksudnya gan ? pokoknya kalau ps2 di modifikasi ke flashdisk gak bakalan ngerusak komponen yg ada gan,, malah setahu saya akan membuat optik lebih awet karna jarang buat dipake :D

      Hapus
  91. Min. Kalo Ps2 fat harddisk. mo di alihkan pake flashdisk gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau fat sih agak susah ya kalau mau jadiin ke flashdisk soalnya sistem FAT Hardisk itu beda sama yang Slim Flashdisk :D

      Hapus
  92. Gan..mau nanya ni kalau misal ps2 slim nya gagal MCBOOT,ps2 slim nya bisa rusak ga?
    Terima kasih.

    thanks for sharing...

    www.golden-slot.com
    gclub

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun gagal/berhasil MCBOOT, ps2 tetap aman gan :D

      Hapus
  93. Jirrrr gak kebaca baca kaset burning cd nya

    BalasHapus
  94. Ulaunch.iso nya gak kebaca baca gan, apa harus kaset cd tertentu atau gimana

    BalasHapus
  95. Gan Cara Ini Work Ngak Buat PS2 seri SCPH 50000....??

    Btw Penjelasan Lebih Lanjutnya PS gw masih mke Kaset belom pernah mke Flashdisk/Harddisk please Jawab gan....

    Dan Kalo Boleh Tanya Agan Ngak Buat Vidio Tutornya Ya...??

    Thank You

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo @Alpis Perdana, mohon maaf baru sempat balas karna akhir2 ini saya lagi sibuk.. Kemungkinan besar buat SCPH 5000 work gan, karna setahu saya FREE MCBOOT itu hanya tidak support pada PS2 slim seri 90006 saja (artinya selain seri itu pasti work).. Dan untuk video tutorialnya belum sempat saya bikin, nanti dalam beberapa waktu mendatang akan saya buat dan share link di blog ini :D

      Hapus
    2. Tapi Punya Saya Yang FAT gan Bukan Yang SlIM bisa ngak tu..??

      Thanks...

      Hapus
    3. Ngak Work Gan Please Kasih Tau Solusinya DI ps ane ngak bisa nginstal MCboot nya No.Boot.ELf katanya pas di instal dan mcbootnya udah saya ganti masih tetap tidak mau apa ada solusi.....?

      Hapus
  96. Bang mohon bantuan, kalo mcboot nya beli. Apa yang harus saya lakukan selanjutnya, langsung copy iso ke flashdisk biasa dan colok ke usb nya, atau flashdisk harus di instal file file lain?

    BalasHapus
  97. Misi gan..
    Saya kan ada ps 2 slim, itu cuma pake flashdisk 16gb tanpa pake mmc,,
    Trus klo mau sya upgrade ke fd 64, apa harus ngikuti tutor di atas ato bisa langsung copas dr fd lama ke fd baru..

    BalasHapus
  98. sorry bang numpang nanya saya sudah install mcboot lewat dvd dan berhasil tapi dvd tadi pas saya masukin ke ps2 tidak terbaca. apa dvd installannya hanya berlaku 1 kali install setelah itu tidak bisa terbaca lagi mohon bantuannya gan?

    BalasHapus
  99. Malam gan, ada yang mau saya tanyakan.

    instalasi sudah sesuai dengan intruksi yang diberikan, sudah berhasil sampai tahap keluar OPL.

    tapi waktu saya colok flashdisk yang telah di isi game .iso di folder DVD gak terbaca.
    gimana ya gan? flashdisk 8gb, sudah FAT32. dan sudah di folder DVD atau CD, tetap gak keluar list gamenya. trims

    BalasHapus
  100. work gan mantap, awalnya agak susah soalnya optik ps2 saya sedikit bermasalah :) thanks yaaa 😘

    BalasHapus
  101. untuk mengcopy gamesnya ke flasdisk bagaimana? apa tinggal di copy saja atau buat folder khusus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar jelas langsung baca disini gan :)

      https://www.angelobrand.com/2015/02/cara-membuat-game-iso-dari-kaset-ps2.html

      Hapus


EmoticonEmoticon